Terlanjur Sholat Sambil Menggendong Anak yang Ngompol di Popoknya, Perlukah Mengulang Sholat?

Sumber: disini
Sebagai pelengkap dari postingan “Bolehkah Sholat Sambil Menggendong Anak yang Memakai Popok Diapers?Bolehkan Shalat Sambil Menggendong Bayi yang Memakai Diapers atau Clodi (popok yang sudah diompoli)”, kali ini kami bawakan fatwa syaikh bin Baz yang masih berhubungan dgn hukum menggendong bayi yg ngompol di popoknya, dengan tambahan berupa hukum sholat yang terlanjur dikerjakan dalam kondisi tsb. Silahkan disimak…
***

Oleh: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rohimahulloh

Pertanyaan:
Seorang wanita bertanya : Terkadang aku menggendong anak perempuanku ketika sedang sholat karena tangisannya yang keras, sedangkan ia memakai popok dan telah berhadats (ngompol ataupun BAB, pent). Bagaimanakah hukum sholatku dan (bolehkah) aku menggendongnya ketika sholat dalam kondisi yang telah kusebutkan?

Jawaban:
Pakai clodi yuk, review clodi disini
Jika padanya terdapat najis maka jangan digendong, jika pada popoknya terdapat najis maka jangan digendong. Adapun jika bersih (suci, pent) maka tidak mengapa. Telah shohih dari Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam beliau pernah sholat sambil menggendong Umamah bintu Zainab (yakni cucu beliau), beliau sholat sambil menggendongnya sementara orang-orang melihatnya. Ketika beliau akan sujud beliau meletakkannya dan ketika bangkit berdiri beliau menggendongnya lagi. Dan para ulama berpendapat bahwa anak tersebut dalam kondisi bersih dan suci. Dan yang lebih hati-hati bagimu adalah jangan menggendongnya kecuali engkau mengetahui bahwa ia dalam kondisi suci. Ini yang lebih berhati-hati, jangan ia menggendongnya ketika pada anaknya terdapat najis.

Penanya: Bagaimana dengan hukum sholatnya yang telah ia kerjakan dalam keadaan tersebut?
Syaikh: Mudah-mudahan ia tidak perlu mengulangi sholat tersebut, insyaAlloh, mudah-mudahan tidak perlu diulangi akan tetapi untuk selanjutnya hendaknya ia berhati-hati.
***
[Diterjemahkan dari http://www.binbaz.org.sa/mat/14757]
***
أحياناً أقوم بحمل طفلتي أثناء الصلاة لبكائها الشديد، ويكون عليها الحفاظ وقد أحدثت به، فما حكم صلاتي وحملي لها أثناء الصلاة، والحال ما ذكرت؟
إذا كان فبها أذى لا تحمليها, إذا كان فيها الأذى –الحفاظ فيها الأذى– لا تحمليها أما إذا كانت نظيفة فلا بأس, فقد ثبت عنه -صلى الله عليه وسلم- أنه صلى وهو حامل أمامة بنت زينب -بنت بنته- يصلي بها والناس ينظرون، فإذا سجد وضعها وإذا قام حملها -عليه الصلاة والسلام- وقد حمل العلماء ذلك على أنها كانت نظيفة طاهرة فالأحوط لك ألا تفعلي هذا إلا إذا كنت تعرفين أنها طاهرة, هذا هو الأحوط ولا تحمليها وهي فيها النجاسة. –
ما حكم الصلاة التي صلتها وحالها ما ذكرت؟
ج/ نرجو ألا إعادة عليها -إن شاء الله- نرجو ألا إعادة عليها لكن في المستقبل تحتاط.


0 comments:

Post a Comment


up