REVIEW CLODI: ECOBUM COVER

Setelah sebelumnya saya menulis review berbagai merk clodi baik lokal & import , maka kali ini saya akan menambahkan review clodi ECOBUM tipe universal cover.
Umur 2 tahun berat badan 12kg menggunakan universal cover setting size M dan prefold sbg soaker pad begitu fit & slim
Clodi ECOBUM merupakan salah satu merk clodi lokal yang sedang popular saat ini, berdasarkan informasi yang saya peroleh dari web profile ECOBUM bahwa resources dan proses produksi clodi ecobum berasal dari berbagai pabrik yang kompeten di China untuk memperoleh material dan hasil produski yang berkualitas baik.
  • Harga 1 paket universal coverRp 85.000/ pcs
  • Untuk bayi dengan BB 3 -15 kg (setara dgn usia 0 bulan – 2 tahun) 
  • 1 paket berisi 1 pc unbleached cotton prefold size premium
    Bagian dalam ECOBUM tipe cover
    Fitur: front & back opening flap yang terjahit rapi, bentuk perut yg melengkung (ergonomis), dan double leg gusset.

    Kelebihan
    1. One Size & Multifungsi
    Tidak seperti clodi tipe cover lokal pada umumnya yang biasanya berukuran petite atau khusus newborn, clodi tipe cover ecobum yang dinamai sebagai UNIVERSAL COVER ini berukuran one size yang artinya dengan mengatur snap ketinggian paha menjadi S, M, atau L maka clodi dapat dipakai dari newborn sampai anak berusia 2 tahunan bahkan lebih tergantung postur dan berat badan pada anak. Jadi bagi bunda yang ingin berhemat dan lebih suka membeli clodi tipe cover yg one size seperti saya, maka cover ecobum menjadi alternatif pilihan yg sangat menarik mengingat sebagian besar tipe cover one size didominasi oleh merk2 import yang harganya sgt mahal. Cover prefold dapat digunakan dari newborn sbg diapers sampai anak belajar tatur (toilet training).
    Cover ecobum disetting S muat untuk anak bayi baru lahir (bs gunakan fitur cross over snap) hingga berat 6kg (umur0bulan-6bulan).
    Cover ecobum disetting S muat untuk anak berat 6 kg- 12kg (umur 6bulan-2tahun)
    Cover ecobum disetting S muat untuk anak berat 12 kg- 15kg (umur 1,5-2,5thn)

    2. Double leg gusset yang tinggi dan elastik yang super lembut
    Cover ecobum memiliki ketinggian double leg gusset sekitar 3-4 cm sehingga mencegah kebocoran lebih baik, menahan urin dan kotoran pup meski sedang banyak-banyaknya. Berbeda dengan karet doble leg gusset pada tipe cover umumnya yang menggunakan bahan dan warna yang sama dengan leg gusset sehingga agak keras, kurang fit, dan mudah melar. Double leg gusset ecobum dibuat dari karet elastik putih yg lembut, lentur, nyaman, awet, tidak mudah melar/ brudul dan benar2 pas dipaha sehingga mencegah bocor lebih efektif.

    Perhatikan tanda panah merah, leg gusset dan double leg gussetnya yang memiliki warna sendada (hijau) terbuat dr bahan yang sama, elastiknya dijahit didalam kain berlaminasi PUL sehingga kurang empuk (lembut).
    Perhatikan tanda panah merah, leg gusset dan double leg gussetnya yang memiliki warna berbeda, leg gusset warna biru elastiknya seperti clodi pada umumnya & double leg gussetnya yg berwarna putih berbeda dengan double leg gusset umumnya, terbuat dari elastik yang lembut dan awet sehingga nyaman dan proteksi maksimal dr kebocoran
    Clodi ecobum benar2 fit dan pas di paha dengan prefold berdaya serap & tampung super powerfull sehingga jarang sekali atau tidak akan bocor! Tidak perlu kuatir melorot & bocor meski anak aktif sekalipun.
    Note: Double leg gusset dan cover membutuhkan perawatan yg baik, prinsipnya sama seperti perawatan clodi tipe cover lainnya karena double leg gusset dan cover tanpa lapisan inner maka pastikan tidak terkena sinar matahari terik agar lapisan PUL awet dan tidak mudah retak yg dpt menyebabkan kebocoran.
    3. Universal
    Artinya, cover ecobum dapat digunakan dengan prefold, fitted, flat (muslin/ tetra), insert merk apapun baik dengan snap atau tanpa snap, alas ompol, kaos yang dimodifikasi sebagai penyerap, dll karena untuk mencegah insert bergeser cover ecobum menggunakan double leg gusset dan flap. Saya pribadi lebih senang menggunakan cover bersama fitted atau prefold ketimbang insert dengan alasan risiko kebocoran sgt keciiiil sekali sebab prefold dan fitted daya tampung sangat tinggi dan pup akan terperangkap didalamnya tanpa sempat mengotori cover sehingga cover tetap bersih dan saya dapat menggunakan covernya lagi berkali2.

    4. Memiliki double flap yaitu pada bagian depan (front opening flap ) & belakang (back opening flap) dengan bentuk dan jahitan yang sangat rapi
    Fungsi flap yaitu menjaga agar insert/soaker pad rapi, mencegah insert nongol/ menjulur keluar dan mencegah rembes ke area punggung dan perut. Selain itu, flap membuat ecobum cover cocok menggunakan bahan penyerap (insert) merk & jenis apapun, tidak perlu menggunakan insert khusus misal jika cover menggunakan snap sebagai pengunci posisi insert maka biasanya insert snap merk cover A tidak sama dengan cover B sehingga tidak pas saat dipasang karena tidak cocok.
    Flap depan dan belakang terbuat dr PUL dan tidak hanya dipotong seperti cover CAPRI dr blueberry tetapi diberi binding tipe/lis dan diobras sehingga rapi.
    5. Clodi mudah dibersihkan dan cepat kering sehingga tidak perlu kejar tayang, andalan di segala cuaca baik mendung maupun hujan
    Berbeda dengan clodi tipe pocket, clodi tipe cover ECOBUM seluruh body-nya terbuat dari PUL, tanpa inner suede/ fleece. Jika pada cover jenis tertentu ada yang menggunakan bahan fleece pada bagian flapnya, maka berbeda dengan cover ECOBUM, pada kedua flapnya ECOBUM juga menggunakan material dr PUL sehingga covernya benar2 sangat mudah dibesihkan dari kotoran pup yang menempel dan cepat kering hanya dengan menjemurnya ditempat teduh berangin agar lapisan laminasi PUL nya berumur panjang (awet). Mengapa covernya sangat mudah dibersihkan? Karena permukaan yang dilaminasi PUL licin sehingga cukup menyemprotkan air kran kotoran pup yang menempel akan rontok dengan sendirinya.

    6. Praktis (use&care) dan ekonomis, clodi yang tidak ribet dan tidak perlu stripping!
    Praktis: Dari segi pemakaian, cover dan prefold sangat praktis, cukup meletakkannya diatas cover tanpa perlu repot memasukan insert kedalam pocket. Dari segi lama pemakaiannya pun sama saja seperti menggunakan clodi tipe pocket, tergantung pada daya tampung soaker yang digunakan. Sedangkan dari segi perawatan, tidak ada perawatan khusus untuk cover dan prefold, dikarenakan cover tidak memiliki inner maka cukup mencucinya dengan sabun mandi cair atau sedikit detergen tanpa harus merendamnya. Tidak perlu kuatir menggunakan sabun mandi cair krn cover tidak memiliki inner, berbeda dengan clodi pocket dilarang menggunakan sabun mandi cair dg alasan akan menyebabkan inner water repellent/ menolak air spt air didaun talas maka cairan tidak mampu diserap oleh inner. Cover cukup dijemur ditempat teduh berangin, tanpa mengandalkan cuaca terang maka cover sudah cepat kering. Untuk prefold sendiri pun tidak memerlukan perawatan khusus, dapat dicuci tanpa memikirkan takaran detergen atau harus menggunakan deterjen khusus, dapat dicuci seperti mencuci pakaian biasanya, dikeringkan dan dijemur ditempat terik seperti insert umumnya. Karena pori2 dan serat prefold lembut dan fleksibel, maksudnya ketika kering pori akan merapat namum ketika kena air akan mudah merenggang/melebar sehingga sangat mudah melepaskan kotoran pup dan residu deterjen. Oleh karena itu, sama dengan cover, prefold ecobum juga tidak perlu distripping seperti clodi pocket dan insert umumnya karena serat kain inner dan insertnya rapat sehingga mudah menampung residu deterjen yang dapat menyebabkan clodi mudah bau apek, pesing, daya serap dan tampung menurun (jenuh) sehingga bocor.

    Ekonomis: Hemat uang, tidak perlu memiliki banyak clodi hingga belasan atau puluhan clodi karena cover dapat digunakan berkali2 selama masih bersih hanya memiliki 4-6biji saja sudah bisa full clodi, cukup mengganti soaker padnya saja, dapat menggunakan soaker apapun, dengan kualitas yang dapat disejajarkan dengan clodi import cover ecobum yang memiliki desain istimewa dibandrol dengan harga yang relatif murah dan sangat terjangkau, dan mencuci tidak memerlukan detergen khusus yang harganya cukup mahal dibanding deterjen umumnya. Hemat energi dan air, tidak perlu perawatan khusus untuk merawat dan mencucinya, tidak repot atau cape stripping, mudah dibersihkan dr kotoran pup sehingga tidak boros air, sama seperti menggunakan clodi pocket/ pospak maka menggunakan cover dan prefold ecobum pun tidak perlu sering mengganti popok krn daya serap dan daya tampung prefold benar2 sangat tinggi (lebih baik dr hemp) sehingga bs digunakan bobo malam tanpa kuatir bocor. Prefold multipurpose, dapat digunakan sebagai diaper fold, soaker pad, alas ompol, tatakan gumoh, handuk bayi, dll. Cover dapat digunakan sebagai diapers ataupun sebagai training pant. Jika digunakan sebagai diapers seperti clodi pocket yang dapat digunakan berjam2 dan tidur maka gunakan liner stay dry agar kulit bayi terasa tetap kering, namun jika ingin digunakan untuk melatih toilet training atau tatur maka jangan gunakan liner stay dry agar anak belajar menyadari sensasi basah dr pipis. Pada anak newborn sampai usia 5-6 bulan saat lebih banyak berbaring, lebih sering pup dan konsistensi pup cenderung encer atau lunak maka sebaiknya gunakan sebagai diaper fold bersama snappy sehingga seperti fitted diaper maka pup semua akan tertampung dan terperangkap didalam prefold tanpa sempat mengotori cover sehingga cover dapat digunakan berkali2. Ketika anak aktif prefold digunakan sbg diaper fold agar lebih praktis dan cepat saat memakaikannya dan pup padat mengurangi risiko kotoran mengenai cover agar cover dapat digunakan lagi berkali2. Berikut cara pakai prefold sebagai soaker pad, ideal untuk anak yang sudah aktif dan pup padat.

    Cara melipat prefold sebagai soaker pad (insert)
    Untuk memperoleh kapasitas/ daya tampung ekstra, tambahkan insert kedalam prefold (ilustrasi menggunakan insert hemp ecobum), caranya dengan meletakan insert ditengah prefold seperti pd gambar diatas lalu lipat sesuai petunjuk selanjutnya.


    Cara menggunakan cover dan prefold



    Jika prefold dipakai sebagai soaker pad atau insert maka prefold bisa dipakai di clodi tanpa batasan usia dari newborn sampai anak toilet training bahkan bisa dipakai clodi dewasa. Sedangkan prefold yang biasanya pakai ukurannya khusus sesuai usia, misal ukuran newborn, medium, premium (paling besar), tetapi prefold ecobum onesize dengan ukuran yang pas, bisa dipakai dari newborn sampai anak toilet training hanya dengan 2 ukuran.

    Untuk mendapatkan daya tampung yang lebih banyak saat prefold digunakan sebagai diaper fold seperti fitted diaper, maka bunda bisa meletakan insert bamboo cotton atau hemp diatas prefold, dan letakan liner diatasnya agar kulit anak merasa stay dry meskipun dipakai dalam waktu yang lama. 


    Prefold ecobum saat dipakai anak usia 2 tahun dengan BB 12 kg
    7. Cutting/ polanya cenderung dipertengahan dan ergonomis dengan desain yang efektif
    Pola ecobum benar2 pas/ ideal untuk postur baby indonesia jauh lebih kecil dari coverall dan capri blueberry, namun lebih besar sedikit dr flip. Ergonomis krn dii bagian perut melengkung mengikuti bentuk perut sehingga benar2 pas di perut mencegah bocor di area perut dan tampak rapi, g bulky sehingga bs dipakai sejak newborn, apalagi ada cross over snap yg memfasilitasi ukuran lingkar pinggang tiny newborn. Desain snap 2 baris seperti snap pinggang pd blueberry sehingga mudah dipakai, tampilan rapi, dan lebih stabil dalam mencegah wing drop. Snap dan lis tepi berwarna sesuai dengan motif sehingga lebih trendy dan tersedia dalam banyak pilihan motif.
    Gunakan fitur cross over snap (jika perlu) untuk bayi baru lahir dg berat badan yg kecil (tiny newborn).
    8. Kualitas materialnya bagus, diatas kualitas clodi pabrikan cina umumnya
    Kualitas printnya bagus, tajam dan cerah. Lapisan PUL waterproofnya tebal, kuat, tahan banting, dan lembut, mirip PUL blueberry deluxe.Snapnya terpasang kuat pada kain PUL, terasa mantab saat ditarik kekuatan PUL dan snapnya. Kualitas PUL yang bagus ditandai dengan snap yg kuat, krn IMHO kalo PUL nya jelek, tipis, ringkih maka jika pakai snap yg kuat si snap akan gampang lepas karena PULnya sobek/ jebol. Tapi kalo PUL bagus belum tentu pakai snap yg kuat. PUL merk lokal lainnya sudah ada yg berjamur tp PUL ecobum masih bagus. Snap ecobum tebal, kuat, dan tidak mudah lepas jd tidak kuatir lepas sendiri atau dilepas anak, kekuatan snap mirip snap blueberry. Ketebalan PUL dan kekuatan snap clodi ecobum lebih bagus dr clodi pabrikan china lainnya, sperti babyland, sobi, nvme dan mikiwili. Prefold ecobum juga memliki kualitas yang bagus, sangat lembut dan fluffy, daya serap dan daya tampung jg tinggi. Menurut saya untuk kualitas (kelembutan, kecepatan penyerapan dan kapasitas daya tampung)prefoldnya diatas bumwear dan lebih mirip prefold cotton swaddlebees dari blueberry dan simply dari cottonbabies (creator/manufacture dr brand bumgenius, flip, dan econobum).
    Perbandingan ukuran antara prefold bumwear size premium 4x6x4 lapis dan prefold ecobum 4x8x4 lapis. Bumwear lebih tipis dan kurang fluffy.
    Perbandingan ukuran antara prefold simply size infant 4x8x4 lapis dan prefold ecobum 4x8x4 lapis. Ketebalan dan kehalusan hampir sama
    Tenunan dari serat prefold ecobum dan bumwear, bumwear lebih kaku dan rapat seratnya
    Tenunan dari serat prefold ecobum dan simply, lentur (fleksibel), lembut, halus, dan fluffy benar2 mirip, sama persis tapi harga ecobum jauh lebih terjangkau, jika ecobum dibawah 40rb, simpky diatas 55rb.
    9. Tidak mudah pesing dan hipoalergenik
    Selain memiliki keunggulan dr kecepatan penyerapan dan kapasitas volume daya tampung. Prefold ecobum terbuat dari bahan alami 100% cotton unbleached sehingga hipoalergenik tidak memicu ruam popok dan bau pesing. Hal ini berbeda dari insert mikro yang sangat mudah bau pesing dan menyebabkan ruam krn lebih mudah terjadi penumpukan sisa2 (residu) detergen.
     

    10. Kemasan ekslusif dilengkapi booklet petunjuk manual yang detail
    Jika biasanya kita membeli clodi tanpa petunjuk manual atau dengan keterangan info yang minim, maka berbeda dengan ecobum, didalam kemasannya disertakan 2 buah booklet berisi petunjuk untuk prefold dan covernya mulai dari cara pakai, cara cuci & perawatan sehingga sangat membantu sekali bagi para pemula dalam berclodi sehingga mengurangi kebingungan ketika akan menggunakannya dan clodi lebih awet karena dapat merawat dengan cara yang tepat. Jika kehilangan bookletnya, tidak perlu kuatir, semua info lengkap tercantum di official web ecobum @ www.ecobum.net

    UC dan prefold digunakan sebagai diaper fold untuk toilet training tetap fit & slim 
    Sejauh ini saya sangat puas menggunakan UC Ecobum dan tidak menemukan kekurangannya. Mungkin jd perkara lain bagi pengguna yang kurang tepat cara pakainya karena belum mengetahui triknya, misal menggunakan prefold sebagai soaker pad untuk newborn atau bayi yg masih terlalu kecil yg seharusnya dipakai sebagai diaper fold (popok dg snappy menjadi fitted) sehingga pasti hasilnya akan bulky dan cover mudah terkena kotoran pup, jika ingin menggunakan soaker pad pada newborn/ bayi yg masih kecil dengan tujuan spy tdk bulky maka gunakanlah insert, misal bamboo ecobum, dll. Pastikan insert memiliki daya serap  yg tinggi dan daya tampung yang baik sehingga urin segera terserap sebelum sempat meluncur mencari celah. Namun saran saya untuk newborn dan bayi yang masih kecil sebaiknya gunakan sbg diaper fold spy cover tdk terkena pup seperti tips yg saya sudah tuliskan pada poin 6.

    Menurut saya bagi bunda yang memiliki bugjet yang minim (tidak perlu punya belasan bahkan puluhan clodi, cukup beberapa pcs saja) namun ingin bisa full clodi (tidak kejar tayang) dan memiliki clodi yang sangat baik daya serap dan tampungnya sehingga bisa dipakai bobo malam, tidak mau repot stripping dan risiko rendah bau pesing & ruam popok, serta bisa dipake dr newborn sampai dipakai untuk belajar toilet training maka clodi ecobum ini cocok banget diburu & dikoleksi!

    Asli, bener2 lebih enak pake clodi ini daripada clodi tipe pocket, jauh lebih praktis, simple&irit!

52 comments:

Ummu Hamzah said...

ecobum pas di pinggang (ergonomis) dan gak bocor, praktis dan irit jg, customer2 udah byk yg tanya dan bela2in nunggu krn stok kosong kehabisan, he malah curcol umm

Ummu Abdillah said...

wah ecobum laris manis ya ummu hamzah?

Juvmom said...

btw pernah makein clodi bwt newborn? ruam gak?
anak keduaku ini percobaan pake clodi newborn, pake merk sheizy. Pantatnya kena ruam yg agak parah. Skrg aku jd gk pakein clodi lg. Cuma pake insert yg aku masukin ke pocket pul liner. Kalo pake prefold itu pnh ruam gk?

Ummu Abdillah said...

anak saya dr newborn blm puput puser sdh pake clodi mba, tp jenis prefold dan cover. setelah puput baru malamnya pakai pocket. sheizy g rekomended mb krn fleecenya terlalu tebal, lama menyerap cairan sehingga mbuat pantat terpapar urin/ lembab terlalu lama atau mnyebabkan bocor krn tidak mampu menahan genangan urin so urin akan mencari celah terbuka ikut gaya gravitasi. bs jd jg krn insert mikronya sdh full dg residu deterjen, mikro paling mudah pesing krn cepat skali mnampung residu/. sisa2 detergen pnyebab bau, ruam, insert jenuh dan bocor. coba bayangkan kulit berendam dalam kubangan sisa detergen dlm waktu berjam2 dan tertutup rapat?! kaki aja bisa kutu air, apalagi kemaluan bayi, kan?!

anak sy g pernah ruam pake prefold, prefold cotton hipoalergenik mba apalagi yg blend sama bamboo (prefold bamboo cotton harga jauh lbh mahal diatas 60rb, kebanyakan merk US he..), materialnya alami jd g kan bikin ruam atau pesing, prefold yg bagus lembut dan fluffy (menyusut tanda mengembang/ fluffy setelah dicuci), seratnya fleksibel (merapat saat kering dan melunak/meregang ketka basah disemprot air), serat tidak rigid/ terlalu rapat shingga mudah dicuci, mudah melepas sisa2 detegrn, mudah melepas kotoran, mudah melepas residu detergen dan urin so tdk perlu stripping.

Unknown said...

Pas banget nemu blog ummi :)
Bayi sy 2 bln 6 kg. Pengen sy pakai in clodi. Kl baca2 review sepertinya lbh ekonomis&gampang nyuci klo pakai ecobum universal cover + prefold daripada model pants ya mi? Nah..kl sy mau pakai buat seharian, kira2 butuh berapa biji cover&prefoldnya?

Ummu Abdillah said...

Ya, saya pribadi sekarang lebih suka pake uc ecobum dan prefold krn saking praktisnya baik cara pakai dan perawatannya apalagi anak sdh aktif jd butuh yg cepet,dari segi daya tampungnya juga super byk. Kalo diliat usianya yg masih 2 bulan sebaiknya gunakan dg snappy,jadi butuh cover hanya 2-3 pcs aja dg prefold min 1lsn, 1 cover bs dipake berhari2 jk dipakai sbg diapr fold maka cover g kan mudah kotor krn jika pup smua akan tertampung didalam prefold tdk akan mengenai cover. Sedangkan jika anak sudah aktif diatas 1thn maka dipake sbg soaker pad maka kebalikannya cover butuh agak banyak skitar5 sampe 7pcs krn kmungkinan jk pup tdl ketahuan dnn keburu diduduki anak maka cover bs terkena dnn hrs ganti cover, soal lama pmakaian uc prefold tahan bocor meski dpake sharian atau smalamn.

Melihat usianya jg cocok pakai tipe apapun baik pant ataupun snap,tinggal pilih insertnya yg mantab daya serap n tampungnya.

Unknown said...

Jazakillah khair mi :) terus, kira2, sy perlu jg yg tipe pants/snap ga ya nanti kl udh gede? Pernah baca review, ada yg bilang snapnya ecobum kurang enak. Baca review ummi jg kayanya agak parno dg perawatan insert yg agak rempong. Sy kerja sampai sore. Sepertinya nyuci insert&clodinya hrs bener2 teliti ya mi.he..pengennya yg praktis :)

Ummu Abdillah said...

yang bilang siapa mb? Udah ditanya kurang enaknya bagian apa? Dan alasannya knapa mb? Buat sy statement spt itu kurang spesifik dan tdk bs djadikan dasar,jd saya perlu cari tau dlu pnyebabnya. Setau sy reputasi ecobum bagus,byk review positif baik dr blogger atau forum2 spt theurbanmama dan femaledaily dan sejauh ini clodi ecobum msih jd clodi andalan saya buat shari2 dan malam hari, sy suka skali dg snap hemp bamboo,pull up pant combo,uc dan trainer ecobum semua produknya bagus2 dan saya pribadi sgt puas dg performanya selama dipakai anak2 saya,skrg g perlu beli blueberry lagi krn sdh ada ecobum yg harganya jauh lbh tjangkau he..

menurut saya cover dan snap ecobum pola dan desain adjust snapnya sama hanya bedanya klo ori ada pocketnya,pocketnya lega dan rapiiii skali leluasa masang insert dipake jg sama slimnya kaya covernya,bs bandingn pke clodi ecobum snap dan clodi lokal atau cina lain pocketnya spt apa, ecobum snap salah satu recommended clodi slain blueberry,pilih yg insert hemp atau bamboo klo pant nya yg combo b dpake sharian atau smalaman. Insert ecobum mantab baik kualitas dan ukurannya,ukurannya bener2 pas dengan lebar clodi,g ada area penyerapan yg kosong, g kuatir inserr menggulung,geser,melipat,rapiii, knapa krn ada double leg gussetny sbg pembatas beda bgt sm kbanyakan clodi, itu analisa sy slama ni, coba aja bandingkan kalau g percaya.

Prefold,hemp,bamboo bahan alami daya serap,daya tampung tinggi,bahan alami g mudah pesing,g mudah tjd pnumpukan residu pnyebab ruam. Berbeda dg bahan mikro,mikro mudah tjd pnumpukan reaidu bikin pesing bocor n ruam jd butuh stripping.

Nyuci clodi skrg g rempong mba kan bisa pake ecowash laundry ball dan stik removernya, saya pakai itu bersih, g bau pesing dan g butuh stripping krn g ada residu.Praktiiiiis dan ekonomis! Kapan2 saya tulis tips nyuci clodi ya

Bs cek review lengkap clodi lokal n import yg pnh sy tulis di http://tips-ummi.blogspot.com/2015/05/review-clodi-lokal-dan-import.html?m=1

Anonymous said...

Pake clodi emg awalnya ribet bin repot,g sepraktis pospak mba prima krn clodi kudu dicuci dan dirawat yg bener spy awet tapi clodi lebih sehat,ekonomis dan tanda qt punya kpedulian thdp lingkungan. Lagipula lama2 jg jd terbiasa, mikir ribet kan karena cuma bayangin aja,belum praktik langsung.

Bener kata ummu,nyuci clodi pake ecowash praktis banget, bebas bau pesing dan gak perlu repot stripping.

Juvmom said...

Aku blm pnh pake prefold. dan agak gak tega makein cover kyk ecobum ke bayi. Jd aku nyari yg fitted diaper. Mungkin klo pny bayi lagi aku coba pake prefold.

Unknown said...

ummi....nyari liner stay dry nya dimana ya? itu produk ecobum juga kah?

Ummu Abdillah said...

liner stay dry yg ada di foto review (berwarna hijau) yang saya pakai merk GG mba, menurut saya liner GG lembut, tipis dan cepat nyerap cairan dr bahan fleece, jk lebih suka yg lebih stay dry bs pakai suede merk Lipop, menurut saya bahannya jg bagus dan cepat nyerap cairan tp tidak selembut dan selentur fleece.

Unknown said...

Ummi....tanya lagi boleh yaa...saya lihat di blog GG ada produk yang namanya liner (inner fleece) dan ada juga yang namanya stay dry insert. Untuk pemakaian malam, apakah harus pakai keduanya atau bagaimana ya ummi? Terimakasih ummi...

Ummu Abdillah said...

ya mb adhisti, liner fleece itu selembar bahan fleece (bersifat stay dry) dg dimensi (pxl) kurang lebih spt insert yg digunakan sebagai liner (alas/ tadah pup) diletakkan diatas inner clodi (popok) atau insert/prefold/fitted (bahan tidak stay dry) pd clodi tipe All in 2 (sistem cover/ wrap) spy kulit merasa ttp kering, memudahakn saat mencuci kotoran pup dan inner clodi lbh awet.

Sedangkan stay dry insert itu seperti insert pada umumnya, biasanya pada insert mikrofiber namun salah satu sisi atau kedua sisi insert dilapisi dengan selembar bahan stay dry baik fleece atau suede, biasanya digunakan utk clodi bersistem hybrid/ all in two (cover) sehingga langsung diletakan diatas popok tanpa dilapisi lagi dengan selembar liner stay dry (fleece/suede) dan bahan yg stay dry td menghadap ke kulit bayi.

semoga penjelasannya cukup bs dipahami ya, he..

Unknown said...

um.... klo pake prefold sy kasih snap trus sy kasih lg uc... masih bisa pake bedong ?? rencana ny pgn pake prefold dari NB .... Trimakasih umi atas jawabanya

Ummu Abdillah said...

newborn pake prefold dicover lalu dibedong? sangat bisa bu dwi, malah enak bgt lhooo nanti ga akan kejadian bedong basah kena ompol.

Unknown said...

mau beli produkx dimana ya umm?

Unknown said...

afwan umm...tuk order clodi ecobum dmana ya? syukron

Ummu Abdillah said...

ummu yazid & unknown: untuk membeli clodi ecobum bs via distributor dan resellernya, ada kylaclodi.com, clodimurah.com, dan masih banyak lagi, langsung cek aja umm ke www.ecobum.net siapa tau ada yg lokasinya deket dengan anti jadi bs hemat ongkir.

Unknown said...

Universal Cover lagi susah bu nyarinya :( jadi aku beli yg biasa aja dulu :)

Ummu Abdillah said...

oh gitu ya mba tyka adiem, yang biasa jg bagus ko mba, selain jd model pocket, bisa dipake sebagai cover jg

Anonymous said...

Ecowash itu ada yg ga original ya? Katanya ada yg nyoba ecowash tp kok ga bersih n bau pesing msh kecium.. Spy dpt yg asli belinya mesti dimna ya umm?
-Selfy-

bambangwahyono said...

Bunda mau tanya ecobum prefold gak ada terus bund, katax terkendala cukai... buat NB yg cocok apa ya slain ecobum? Dedek udh mau launching seh... 9 bulan... oh iya menspad yg bagus merk apa?

Ummu Abdillah said...

Coba cek di instagram sudah ramai kabar ecobum estimasi mid april release Mbak. Coba pink daisy dari blueberry, lembut dan gampang nyucinya

Divya said...

Ummi...
Cara cuci awal hemp bamboo dan prefold gimana yah? Apa boleh pake mesin cuci 2 tabung dan dikeringkan? Terima kasih

Ummu Abdillah said...

Prefold direbus 5-10 menit,tiriskan kemudian dicuci dengan detergen kucek2 bilas jemur

atau rendam prefold dengan detergen dan air panas lalu setelah dingin dikucek pelan2 bilas dan jemur.

Cuci bamboo dan hemp dengan air biasa atau hangat,jangan dicampur dengan prefold karena kandungan minyak alami prefold banyak,kuatir transfer oil/minyaknya menempel pada bamboo dan hemp.

boleh mencuci dan mengeringkan insert bahan natural dengan catatan:
Mencuci dengan mesin sebaiknya memakai laundry net sebab kuatir jika keplintir dan tertarik kuat menyebabkan serat natural robek.

Mencuci dan mengeringkan Dry low atau spin reduction/ waktu sebentar dan putaran tidak kuat.

Perlakukan insert bahan alami dan cover ber PUL dengan penuh kelembutan.

Divya said...

Terima kasih atas pencerahannya mba...

Eliz said...

Mau tanya, berapa jam sekali ya harus ganti clodi ecobum? Yang diganti cukup liner dan insert / prefoldnya saja ya?
Terus kalo masih newborn apa perlu pakai celana lagi setelah pakai clodi? Maksudnya apa tidak bulky / panas gitu?
Makasih

Vira said...

anak saya 3 th 15,5 kg pakai ecobum pants kalau tidur saja, kok masih bocor ya?terutama lewat samping (double leg gusset) atau perut. Sepertinya masalahnya elastik pinggangnya itu ada titik tanggungnya, dipakai di snap terkecil kekecilan, di snap berikutnya kebesaran, jd ga pernah bs fit. Pakai cover velcro merk lain malah ga bocor karena pinggangnya fit. Ada solusi ga ya mi? Mau diflea tp sayang.. Oiya anehnya insert bamboo ecobum baru dicuci sekali Udh nyerep bagus, combo hemp dicuci berkali2 masih kalah dibanding daya serap si bamboo reguler. Masih bocor. Sekarang lg nungguin UC nih Buat adeknya.

Ummu Abdillah said...

I've no idea mba,mungkin bisa dicoba2 lagi ya mba. Kalo soal daya serap combo ga sebaik bamboo,memang utk insert hemp butuh kesabaran lebih banyak mba tp sebanding dengan hasilnya.. setau saya berdasarkan pengalaman dan teorinya utk hemp daya serap maksimal setelah 5-8kali cuci berbeda dengan bamboo cukup 1-3x cuci CMIIW

Ummu Abdillah said...

Sebenernya jam ga bisa jadi patokan saklak,melainkanmelainkan volume urin anak,ini bisa berbeda setiap anak. Yang jelas jika insert sudah penuh atau dipoopin wajib ganti supaya ga bocor atau iritasi. Jenis original pocket ganti semua kalo cover cukup liner dan prefold, kecuali covernya kotor atau lembab/basah. Pakai atau ga,ga masalah mba khususnya newborn dimana newborn adalah bayi berusia 0hari-30hari,tapi klo ummi pribadi selalu pakai legging atau celana untuk fiksasi agar posisi clodi ga mudah geser dan mengajarkan menutup aurat sejak kecil,supaya ga digigit nyamuk/semut,dan ga lecet kulitnya saat jatuh/merangkak. Anaknya ga rewel tandanya nyaman dan ga kepanasan,namanya popok kain pasti bulky se-slim apapun dibandingkan pospak tp bs diakalin dg pemilihan insert yg tipis,lagipula berdasarkan pengalaman clodi yg tebel bisa jadi bantalan tulang ekor sehingga melindungi bayi dr trauma saat jatuh terutama ketika belajar berjalan.

Ummu Abdillah said...

Kembali kasih mba Divya

Farina said...

Mau tanya.. klo cuci UC n prefold nya pake detergen liquid front load bisa gak ya?? punya saya soklin matic liquid yg front load.. katanya mengandung enzyme.. bisa gak ya??

Trima kasiih

Unknown said...

umm,,kalau mencuci prefold dan liner stay dry nya menggunakan detergen apa ya umm?

Ummu Abdillah said...

Ngomongin enzyme sebenernya pembahasannya sangat complicated dan butuh bukti ilmiah.

Ummi bukan orang yang tepat untuk mengatakan boleh atau tidaknya mencuci clodi dengan detergen berenzymes karena ummi tidak tahu jawabannya.

Yang perlu kita tahu,apa si enzyme?

Enzymes adalah proteins yang mengkatalisasi (mempercepat) proses kimia seperti metabolisme, memecah makananan didalam sistem pencernaan untuk menghasilkan energi. Kalo dalam laundry, enzymes memecah kotoran dan bakteri penyebab noda dan bau tak sedap.

Ada ribuan nama enzyme tapi hanya ada sedikit yg ada dalam kandungan detergen:

1. amylase (memecah carbohydrates, seperti tepung).
2. cellulase (memecah cellulose, seperti bamboo, cotton, dipakai untuk anti-pilling).
3. lipase (memecah lemak).
4. mannanase (memecah gula).
5. protease (memecah proteins, seperti wool, sutra, blood, or noda poop).

Apakah enzyme pada detergen akan merusak clodi?

Wool dan sutra MUNGKIN karena merupakan protein. Bamboo dan cotton tidak terlalu yakin tapi MUNGKIN saja dari yang saya pernah baca biasanya detergen bubuk di luar negri mengandung enzyme cellulase,mungkin sama jg dengan detergen bubuk lokal, semakin lama bahan akan menipis sebab cellulase berfungsi untuk mencegah pilling spy pakaian tetap seperti baru, pernah denger kan iklan seperti ini di TV,inget ga detergen apa ya? Kalo PUL (laminasi) ummi ga tahu. Polyester, sepertinya tidak sama sekali sebab polyester zat kimia.

Ummi pribadi pilih untuk menghindari pemakaian detergen berenzyme,pilih detergen yg simple,tanpa extra aditif:pewangi,pelembut,pemutih/pencerah/optical bright,enzyme khususnya jika anak mudah alergi terhadap sesuatu. Sebab aditif spt pelembut dan pewangi didesain untuk meninggalkan residu sbg coating/melapisi/tertinggal pada cucian sehingga jika dipakai untuk popok bs menyebabkan bocor dan rash.

Ummu Abdillah said...

Ummi cuci clodi pakai bola cuci ecowash sebagai pengganti detergen clodi,ampuh menghilangkan kotoran,residu,dan bau pesing.

Ummu Abdillah said...

@selfy, hmm masa mba? maaf saya kurang tau, mendingan kalo beli langsung ke distributor atau reseller resmi yang listnya ada di web ecowash.org spy terjamin keasliannya, jadi jelas bergaransi.

atau dicoba lagi mba mungkin bilasnya kurang air jd kurang bersih.

Oia saya juga pernah ngalami sampe 3x kejadiannya ada yang bilang nyuci tetep ga bersih pakai ecowash atau harganya murah kangetan ga wajar tapi pas minta ditunjukin barangnya ternyata bukan ecowash dari ecowash.org yang dimaksud melainkan sejenis laudry ball juga tapi mereknya ga jelas dan ga terjamin. Jadi kesimpulannya,semua laundry ball bisa jadi disebut ecowash juga padahal bukan merk/brand ecowash ori/aslinya,mungkin karena ecowash merk laundry ball yang sudah lebih dikenal. Sebab pernah nemuin juga penjual yang bilang ecowash tapi foto yang ditunjukan merk lain, he..

Stephen SP and Lidya Natalia said...

Ummi, thanks share tentang clodinya. Skr jd dapat rekomenin ke istri. Btw ada rekomendasi beli ecobum cover, prefold, liner, hemp, bamboo dimana nda? Yg lengkap jd nda usah mondar mandir. Kalo boleh add no sy untuk bertanya lebih lanjut, mklum anaka pertama msh bingung. 089679215634. Trims.

Yane's Blog said...

Ummi, saya mau tanya.. apa prefold bisa di cuci dengan detergent baby merk clody ? Krn saya sudah terlanjur beli detergent tsb. Makasii

Ummu Abdillah said...

Maaf,saya belum pernah denger detergen merk clody.

Karena bahan prefold 100% cotton jadi aman dicuci dengan detergen apapun tetapi karena cotton prefold dipakai sebagai popok kain maka prinsipnya sama aja kaya nyuci popok kain/insert clodi pada umumnya: pilih detergen tanpa pewangi dan pelembut serta minim residu supaya tidak menyebabkan iritasi.

Unknown said...

Mbak kalau anak dibawah 1 tahun untuk tidur malam cukup pakai prefold aja atau harus ditambah insert bamboo/hemp ya?apakah prefold saja tanpa tambahan insert sudah cukup aman selama tidur malam untuk anak usia tersebut?makasi banyakkkk

Ummu Abdillah said...

Anak ana umur 2tahun pakai prefold aja tanpa booster alhamdulillah aman aja umm,diatas hanya ilustrasi gimana caranya nambahin insert sebagai booster kalau pakai prefold jadi ummi yang lain bisa tahu.

Kalau hitungan matematisnya yg sesuai teori begini umm:
Normal urine output pada anak(Hazinski 1992)

Neonatus (newborn 0-30hari) 2 - 3 cc/kg BB/jam
Infant (dibawah 1tahun) 2 cc/kg BB/jam
Child (diatas 1tahun) 1 - 2 cc/kg BB/jam

Rata2 ambil saja 2cc/kg BB/jam misal anak umur 2tahun 12kg maka tidur misal 8-12 jam maka 12kgx2ccx8 sampai 12kgx2ccx12 maka volume pipis anak sekitar 192cc-288cc.

Sementara kapasitas prefold ecobum diklaim hingga 400cc jadi insyaa allah aman. Saya juga sudah ngetes sendiri nuangin air ke prefold dan udah terbukti pas dipakai sama anak,saya suka banget pakai prefold meskipun tebel tapi berasa mantab he..

Misalpun pakai teori Urin output volume 30-40cc/ jam juga masih aman tanpa booster,klo pake booster saya rekomendasikan birdy reguler krn sangat tipis sekali,birdy jenis insert barunya ecobum,bagus banget seperti insert capri blueberry.

Tiap anak bisa beda ya,coba kenali karakteristik pipis anak umm.

Unknown said...

Ummi, bolehkah pake prefold tanpa dilapisi liner?
Saya tinggal di daerah dingin dan jarang ada sinar matahari terik. Prefold lama sekali keringnya walaupun dijemur di luar. Kalo clodi cover diisi insert yg long sbg gantinya kira kira apa masih bagus performanya?
Dan mohon tips cara nyimpen clodi+inner+prefold buat awet hingga anak kedua.. rencana masih 4th lagi ummi.. clodi nya apa perlu disimpen di kotak khusus dan dikasih Bagus anti bau agar ga berjamur? Makasih ummi

Ummu Abdillah said...

Lama kering karena memang faktor iklim tempat tinggal kelembaban udara tinggi (dingin dan lembab/basah),jangankan prefold,baju harian terutama dari bahan cotton biasanya pakaian dalam,kaos kaki,kaos t-shirt,baju bayi,celana jeans, pasti lama kering juga. Coba pakai birdy daya tampung bagus tapi sgt tipis jd cepet bgt kering bahan cotton 100% sama seperti bahan prefold jd aman bgt buat kulit anak ngebersihinnya jg gampang bgt atau mikro lebih awet di iklim basah dan dingin.

Coba cek spesifikasi daya tampungnya,harapannya berapa cc? jika kemampuan daya tampung volume sudah sesuai dengan yg diharapkan, cara pakai,cara rawat benar, performa cover dan insert bagus maka hasilnya bagus.

Tergantung usia anak,jenis kulit,dan tujuan pakai prefold.
Pakai prefold dengan liner,jika:
1. Anak masih newborn kulit lebih sensitif dan sangat peka terhadap basah so kalo basah setiap pipis biasanya nangis jadi setiap pipis harus ganti,kalau pakai liner anak tetep merasa kering meski sudah dipipisi berkali-kali.
2. frekuenai poop sering, kadang kalo newborn poop sedikit yang nempel di liner dan ga nembus ke prefold,LUCKY ME hehehe,saya hanya ganti liner aja,cukup,ga jorok ya kan ga kotor prefoldnya he:p. Kalo karna faktor lain spt karakter poop anak sering poop,diare,dll maka pake jd liner lebih mudah ngebersihinnya.
3. asi ekslusif,biasanya karakter poop lengket dan warna pekat sehingga lebih mudah dibersihkan,bebas abuse liner daripada boros air bilas prefold he..
4. Prefold memang difungsikan sebagai "diapers".

Pakai prefold tanpa liner,jika:
1. Anak ga nangis meski prefold basah kena pipis dan ibu mau ganti clodi segera setelah popok dipipisi padahal baru 1x dipipisi. kalo poop wajib diganti.
2. Usia anak kurang lebih 1tahun karna kulit sudah lebih kuat dan lebih toleransi terhadap lembab jadi ga nangis2 seperti pas newborn.
3. toilet training,biasanya klo saya usia 1tahun anak pakai prefold tanpa liner,mengenalkan sensasi lembab sejak dini tp kalo malam sering pake liner atau clodi pocket krn berinner.

Tips dan cara menyimpan clodi yang sudah tidak terpakai (investasi) dalam waktu lama hingga bertahun-tahun untuk diwariskan/diturunkan keanak selanjutnya (Storage for longterm)

Gampang banget ko umm nyimpan clodi yang sdh tak terpakai. Yang jelas clodi harus sudah benar-benar BERSIH dan KERING. Kalo ada noda yg tertinggal di clodi nanti susah ilang. Kalo belum kering nanti berjamur dan merusak clodi. Selain itu pastikan detergen yg dipakai sudah benar2 aman untuk clodi ga mengandung aditif,parfum,pelembut. Kalo bau susah ilang.

Bungkus tiap clodi dengan tissue tujuannya untuk menyerap uap air/udara yg lembab. Tata clodi didalam tas/koper,kontainer/wagon atau box yang ga bisa terurai,aman dari bau,debu,tikus,serangga,dan lembab/basah. Kalo pake kontainer plastik cari jenis plastik #5 (PP) karna kuat,ringan tahan panas,kedap air,ga bisa hancur. Boleh dikasi sejenis kamper untuk mengusir serangga (kecoa),dikasi penyerap lembab (contoh bagus SERAP AIR) atau silica gel utk cegah jamur dan bau krn lembab. Jangan dibungkus plastik rapat supaya sirkulasi udara bagus,sirkulasi yg jelek bikin pengep panas lembab dan jamuran. Setelah itu, simpan ditempat yang kering dan adem. Kalo disimpan di loteng dan terekspos sinar matahari nanti clodi bs kepanasan akan merusak PUL dan karet clodi. Kalo disimpan di lantai yg dingin tanpa alas (pallet)/ basement suhu terlalu dingin bisa menyebabkan jamur. Jadi cari tempat untuk menyimpan clodi yang kering, teduh, dan adem.

Biasanya yang gampang rusak elastisitas karet,memang pada dasarnya untuk elastisitas karet sendiri ada lifetime/ usianya selain itu jg bisa dipengaruhi kualitas bahannya itu sendiri. Pernah baca ada blogger luar negri yg nyimpan clodi selama 6 tahun semua karet paha clodinya melar dengan sukses. Jadi menyimpan clodi yang sudah tidak terpakai untuk waktu yang lama disaranin jika jarak punya anaknya 1-2tahun lagi. Misalkan planning lebih dari 5tahun sebaiknya dipreloved atau sedekahin ke yg butuh kecuali siap ganti karet.

Anonymous said...

Halo mom.. Aku rencana mau makein ecobum uc buat babyku nanti.. Sekarang lagi nyari2 info tentang clodi nih mom.. Uk baru 6 bulan jalan hehehe

Mom mau tanya, untuk baby nb kan cukup prefold dan liner saja ya kemudian di jadikan diaper fold.. Nah kalo untuk pemakaian prefold yg di lapisi insert kemudian baru liner untuk di jadikan diapers, itu untuk usia anak berapa ya mom? Apa 6 bulan ke atas jika menggunakan prefold dan liner saja sebagai diaper belom cukup?
Karna aku rencana nya mau belanja cover, prefold, dan liner saja.. Nanti beli insert jika sudah di butuhkan.. Maksud nya belanja di cicil mom soal nya lumayan juga kalo langsung semua hehehe
Makasih mom sebelum nya :)

Unknown said...

Umi bgmn cara pencucian insert bamboo ecobum ? Bolehkah dgn mesin cuci dan detergent? Bgmn pengeringan nya biar gk kejar tyg? Ksh tips ny dong umi, alny insert sy cuci pake mesn cuci dan lamaaaa x kering,,, tipe clodi minky pencucian pengeringannya bagaimana ya umi... thanX

Ummu Abdillah said...

Prefold tanpa tambahan insert sudah cukup, anak saya ga pernah pakai booster,hanya prefold dan liner aja bisa dipakai tidur malam,tulisan saya diatas hanya memberikan ilustrasi bagaimana cara upgrade kapasitas prefold dengan menambahkan insert.

Krn pertanyaannya identik sama komen diatas, penjelasan pxl nya coba baca komen diatas ya mom.

Ummu Abdillah said...

Insert boleh dicuci dengan mesin tapi dibungkus pakai jala cuci atau "laundry net",setting mesin lembut dan pengeringan cepat (dry low) sebab serat natural jika ketarik/keplintir kuat dan terus menerus kuatir membuat melar dan serat kain rapuh so mudah robek.

Bahan natural daya tampung sgt byk krn menyerap sampai kedalam serat kain jadi tentu saja keringnya lama,itu konsekuensi bahan natural. Tipsnya sedia bnyk insert natural he.. kalo tips mengeringkan bisa dengan dispin mesin cuci lalu dijemur dibawah matahari dan ruang TERBUKA krn udara kering dan sirkulasi yg bagus mempercepat proses pengeringan,clodi jadi ga lembab,saat panas dipindah ketempat teduh.

Anonymous said...

Jadi aku beli prefold dan liner masing2 2lusin sudah cukup ya mom? Jadi tambahan insert jika sekira nya kurang ya mom.. Kalo untuk prefold dan liner yg di jadikan diaper itu berapa jam sekali ganti ya mom untuk usia 6 bulan ke atas?

Oiya satu lagi mom.. Kalau prefold dan liner di jadikan diaper fold dan soaker pad itu tiap ganti liner harus juga ganti prefold atau cukup liner saja? Makasih mom sekali lagi..

Ummu Abdillah said...

Minimal 1.5-2lusin prefold dan liner,prefold punya lebih dari itu malah bagus krn kadang belum kering,itu kalo diniatin pake prefold ya 2lusin terasa kurang dan kejar tayang saat newborn.

6bulan keatas sebaiknya dipake sebagai soaker. Pernah ngalami kalo sebagai prefold dipake tidur seluruh permukaan bisa menyerap cairan dan ga bocor asal pakenya cover rapat. Dicoba aja gapapa kok supaya nambah pengalaman.

Biasanya ganti prefold,liner jg ganti tp saya pernah ngalami baru selesai makein prefold eh newborn kentut dan poop cuma sedikit tekstur lengket dan ga nembus prefold (masih bersih) jadi saya hanya ganti linernya saja. Jadi kalo memang prefold masih bersih,belum dikencingi ga masalah ganti liner aja,tapi klo dah dikencingi sebaiknya ganti semua spy bersih dan fresh.

Anonymous said...

Wah masa sih mom 2 lusin liner dan prefold masih kejar tayang? Aku rencana sih cuci setiap hari mom dengan estimasi 1 hari pemakaian 1 lusin prefold.. Kurang ya mom? Tapi setelah 6 bulan ke atas prefold 2 lusin masih terpakai ya mom? Maksud nya ngga kebanyakkan mom? Tetap terpakai ya..
Kalo jadi soal nya mau mulai di cicil beli dan prewash mom supaya ngga banyak kerjaan numpuk nanti^^ makasih mom hehe

Ummu Abdillah said...

Liner 2lusin cukup karena cepet kering,anak ummi pas newborn bentar2 poop,kan kalo poop mau ga mau harus diganti donk apalagi kalo kondisi prefold belum kering kan ga bisa dipake jadi 2lusin kurang padahal nyuci juga setiap hari he.. ada juga anak asi ekslusif yang ga poop sampe 2 minggu kalo yang model seperti ini irit cucian deh umminya girang joged2 he....

Anak ummi sampe tatur masih pakai prefold ko as soaker/insert pad pada clodi pocket. Jadi prefold bisa kepake sepanjang masa dari anak newborn sampe toddler. Cara makenya aja yang beda disesuaikan dengan sikon.

Post a Comment


up