REVIEW CLODI: ECOBUM SNAP

ECOBUM
www.ecobum.net
Seperti halnya NVMe, produk Ecobum berbeda dan inovatif krn didesain khusus berdasarkan riset dan pengalaman oleh ownernya, yg berdomisili di Solo, namun resources dan produksi oleh berbagai pabrik kompeten di China. IMHO, ecobum skrg sdh menjadi inspirasi bagi banyak brand clodi utk melakukan inovasi dan mengikuti desainnya krn mgkn sudah terbukti lebih efektif dan efisien, salah satunya merk sobi, brand yg sdh ckp lama namun 1 bulan terakhir sudah mengganti desainnya dg konsep spt ecobum.
  • Harga pocket insert micro: Rp 95.000/ pcs (Motif Minky), Rp 90.000/ pcs (MotifPUL)
  • Harga pocket insert bamboo cottonRp 110.000/ pcs (Motif Minky), Rp 105.000/ pcs (Motif PUL)
  • Harga pocket insert hempRp 115.000/ pcs (Motif Minky), Rp 110.000/ pcs (Motif PUL) 
  • Untuk bayi dengan BB 3 -15 kg (setara dgn usia 0 bulan – 2 tahun) 
  • 1 paket berisi 2 insert microfiber (long & reg/short), bamboo cotton (long & reg/short), hemp (reg/short)
    Fitur dan bagian dalam Ecobum, Sumber: www.ecobum.net
    Ecobum lis tepi dan snap berwarna, bentuk sabuk pinggang (wing/ head) round (bulat), snap pinggang 2 baris spt blueberry or kebanyakan clodi merk USA, cross over snap untuk tiny newborn dan hip snap posisi di bawah. Sumber: Google
    Bagian dalam ECOBUM tipe pocket, perhatikan hidden flap, bentuk perut yg melengkung (ergonomis), dan double leg gusset.

    Kelebihan
    • One size bs dipake dr newborn dg setting size S,M,L
    • Satu2nya clodi model pocket diaper yang memiliki double leg gusset dengan cutting standar (ideal dengan berat badan bayi indonesia) sehingga sudah bisa digunakan sejak newborn, umumnya double leg gusset hanya ada di fitur clodi tipe cover.
    • Jahitannya sangat rapi, terutama pada bagian pocket dan flap.
    • Inner suedenya lembut, cukupe tebal dan berdaya serap baik, sekilas penampakan mirip fleece, cepat nyerap cairan dan lebih stay dry.
    • Double leg gusset yang tinggi sekitar 3 cm sehingga mencegah kebocoran lebih baik, menahan urin dan kotoran pup meski sedang banyak-banyaknya. Double leg gusset dari karet elastik putih yg lembut, nyaman, dan benar2 pas dipaha sehingga mencegah bocor jauh lebih efektif dr inner gusset.  
    • Multifungsi! Popok/ cover clodi ecobum snap selain bisa dipakai sebagai tipe pocket juga bisa dipakai sebagai clodi tipe cover, karena pocket diaper ecobum memiliki double leg gusset yang tinggi seperti pada model diaper cover. Popok clodi snap ecobum dapat digunakan sebagai cover (tipe hybrid) seperti universal cover ecobum dengan meletakkan insert, alas ompol atau prefold diatas inner suedenya, multifungsi.
    • Double leg gusset lebih mudah dibersihkan dari kotoran pup, hal ini berbeda dg inner gusset yang lebih sulit dibersihkan krn selalu ada kotoran yang "nyangkut"/ terperangkap disela2 kerutan inner gusset.
    • Cutting/ polanya kecil dan slim, ergonomis: di bagian perut melengkung mengikuti bentuk perut sehingga benar2 pas di perut mencegah bocor di area perut dan tampak rapi, g bulky sehingga bs dipakai sejak newborn, apalagi ada cross over snap yg memfasilitasi ukuran lingkar pinggang tiny newborn.
    • Lapisan PUL waterproofnya tebal, kuat, tahan banting, dan lembut, mirip PUL blueberry deluxe. Kualitas PUL yang bagus ditandai dengan snap yg kuat, krn IMHO kalo PUL nya jelek, tipis, ringkih maka jika pakai snap yg kuat si snap akan gampang lepas karena PULnya sobek/ jebol. Tapi kalo PUL bagus belum tentu pakai snap yg kuat. PUL merk lokal lainnya sudah ada yg berjamur tp PUL ecobum masih bagus. Ketebalan PUL nya lebih bagus dr clodi pabrikan china lainnya, sperti sobi atau nvme.
    • Kualitas printnya bagus, tajam dan cerah. Kualitas dan ketebalan minkynya seperti eugine baby (diskontinyu) lembut, lumayan tebal namun ga kaku.
    • Snap tebal, kuat, dan tidak mudah lepas jd tidak kuatir lepas sendiri atau dilepas anak, kekuatan snap mirip snap blueberry.
    • Desain snap 2 baris seperti snap pinggang pd blueberry sehingga mudah dipakai, tampilan rapi, dan lebih stabil dalam mencegah wing drop, apalagi ditambah fitur hip snap.
    • Pocket yang lebar sehingga mudah saat memasang insert dan mengeluarkan insert terutama saat kena pup.
    • Pocket memiliki hidden flap didalamnya sehingga insert rapi, mencegah kotoran pup masuk kedalam pocket dan mencegah insert nongol/ menjulur keluar jg mencegah rembes ke area punggung.
    • Snap dan lis tepi berwarna sesuai dengan motif sehingga lebih trendy dan pilihan motif banyak.
    • Untuk pemakaian siang yg agak lama jika heavy wetter bs menggunakan 1 long mikro (jika dilipat 2 total hanya 4 lapis) sehingga slim tidak bulky dan ga ngangkang namun daya serap tinggi dan daya tampung lbh banyak. Daripada menggunakan double insert mikro 3 lapis total 6 lapis.
    • Daya tampung insertnya dan desainnya mantab. Untuk bobo malam bs menggunakan insert hemp atau bamboo. Cukup 1 insert long bamboo atau short sehingga tidak bulky, slim, dan ga ngangkang. Insert hempnya nampak bintik2 kehitaman dan warna kecoklatan dan serat kasar agak kasar saat baru tanda serat raminya baik. Bamboo ecobum full bamboo cotton dan 3 folded seperti bamboo blueberry berbeda dengan bamboo pumpkins dan babyland yang dikombinasi dengan microfiber. Kualitas insert hemp dan bamboonya bagus, lembut, dan kuat (kokoh/ awet).
    • Insertnya panjang sehingga ketika dilipat dapat disesuaikan area mana yg membutuhkan ekstra penyerapan dan ketika dijemur krn bentuk memanjang maka lebih cepat kering karena hanya 2 lapis.
    • Harganya relatif sgt terjangkau dan lebih murah dr pabrikan china lainnya dengan desain yg inovatif baik cover dan insert dengan kualitas yg baik.
    • Kemasan ekslusif, dan dilengkapi dg petunjuk cara pakai dan cara cuci lengkap sehingga sgt membantu newbie dlm perclodian, seperti cara menjemur horisontal, larangan menjemur cover dibawah terik matahari, dll sehingga dpt memperpanjang usia pakai clodi. Biasanya jarang kemasan clodi disertai petunjuk selengkap ecobum bahkan tidak ada sama sekali.
    Kekurangan
    • Untuk closure velcro, verlcronya kurang bagus daya rekatnya dan tidak sehalus velcro lokal, seperti cluebebe dan GG,  velcro ecobum kuleb mirip velcro NVMe dan minikinizz. 
    Note: Double leg gusset ecobum sgt powerfull mencegah kebocoran namun membutuhkan perawatan yg baik, prinsipnya sama seperti perawatan clodi tipe cover spt cover NVMe, coverall blueberry, cover rumparooz, coveria cluebebe, cover GG,karena tanpa lapisan inner maka pastikan tidak terkena sinar matahari terik agar lapisan PUL awet dan tidak mudah retak yg dpt menyebabkan kebocoran. Sudah dijelaskan didalam petunjuk kemasan ecobum mengenai cara perawatan cover.


    Untuk review clodi merk lainnya bisa klik disini
     
     

12 comments:

Juvmom said...

Aku kemarin udah beli yg ecobum pant. Bagus bgt ternyata minkynya beda banget dengan beberapa clodi yg aku punya

Ummu Abdillah said...

ya mba enny "juvmom", udah buktikan sendiri kan kalo ecobum beda dengan clodi china lainnya, kualitas PUL, snap, suede dan insertnya lebih bagus, dibandingin sama NVME & MIKIWILI yang harganya selangit aja masih jauh lebih bagus ECOBUM.

Katanya si untuk ngejar kualitas ecobum pabriknya di china beda2 mba, bukan 1 pabrik kaya clodi pabrikan cina umumnya makanya desain dan kualitas ecobum beda, diatas rata2 dari merk clodi pabrikan china kebanyakan yg cm standar aj, tp yg bikin saya heran ko harganya bs jauh lbh murah he..

kalo diliat merk rumparooz, charlie banana dan merk2 US lainnya itu setau saya pabriknya jg banyak, salah1 nya d china ya mgkn krn alasan ngejar kualitas jg, bs jd kualitas yg diharapkan g ada dalam 1 pabrik, cmiww

Anonymous said...

lg bingung soal clodi, nemu blog ummi kyaknya review ecobum mantep bnget nih tp msh bngung nih ummi bedanya uc ecobum dan ecobum snap apa ya? saya kan lg hamil 8 bln, kira2 beli clodi yg model apa ya yg bsa dipakai dr nb & kira2 butuh brp?

Unknown said...

Ummu, ana juga lagi hamil 6 bulan alhamdulillah,, rencana mau nyicilw aja belinya biar ga langsung banyak..

Kalo bacaw blog ummu alhamdulillah terbantu tp masih agak sedikit bingung
... Bagusnya kalo untuk newborn ecobum uc cover atau snap minky ya?

Putri Destari Besman said...

Ummi, ecobum pocket kan bisa multifungsi, bs berfungsi sbg cover jg. Nah tp, krn hidden flapnya di dlm, bocor ke punggung ga ya mi?

mona anggiani said...

Terima kasih Ummu... informasinya luar biasa... Saya telat sekali nih mau pakai clodi. Ini lagi belajar dari blog Ummu...

Syukron, Ummu...

Mona
http://anggianirifani.blogspot.co.id/

Ummu Abdillah said...

Ga bocor in syaa allahu ta'ala selama insertnya dipasang dengan betul: ga ada bagian yg nyelip keluar covernya.

Ummu Abdillah said...

Sama2 Mba Mona, ayoooo beralih ke popok kain!

Ummu Abdillah said...

Semuanya bagus, tinggal pilihan sesuai selera dan kebiasaan masing2 ibu. Ada yg lebih senang pakai UC tapi ada yg senang pakai original ataupun pants.

Untuk newborn (usia bayi 0-30hari pertama) idealnya pakai Ai2 (prefold dan cover contoh Uc ecobum),kalau malam bisa pakai tipe pocket (co:original snap ecobum) dg insert bamboo atau hemp atau prefold,usia bayi (anak dibawah 1th) pun bs pakai prefold dan original. Minky atau printed pul lagi2 soal selera,masing2 punya kelebihan sendiri, tapi utk newborn sebaiknya PUL sebab kalau minky lebih tebal kecuali yg imannya tergoda bolehlaaaah memanjakan mata dengan minky he...

Utk clodi onesize bisa dipakai newborn syaratnya minimal berat kurleb 3kg ya.. meskipun ga seimut dan se-fit size newborn tapi lumayan lah utk berhemat, bayi ga terasa ko tau2 cepet gedenya. Kalau ada budget lebih utk beli size newborn prefer clodi newborn,tapi kalo ummi tujuan berclodi supaya hemat maka beli onesize semua bisa dipakai dr newborn sampe umur 4tahunan malah.

Ummu Abdillah said...

Uc tipe ai2(cover) jika ganti cukup soaker nya aja selama cover masih bersih bisa dpakai lg, original snap tipe pocket dengan closure snap/kancing jika ganti maka yg diganti semua cover dan insertnya. Prefold butuk skitar 1-2lusin,uc butuh 2-3pcs.Prefold bisa dipakai terus sebagai alas ompol,handuk,atau insert untuk clodi tipe pocket. Kalau mau pakai tipe pocket butuh 8pcs-12pcs untuk full clodi (mencuci setiap hari). Coba tonton tutorial cara pakainya di youtube ecobum mungkin bisa mengurangi kebingungan.

Anonymous said...

Insert yg tidak bulky untuk malam mending long bamboo (soalnya 3 folded) atau hemp ya? Tq...

Ummu Abdillah said...

Tergantung usia anak dan postur tubuh anak,sesuaikan insert dengan kebutuhan. Jika perlu yang tipis bisa pakai hemp atau bamboo size regulernya,sama2 4lapis. Long bamboo (6lapis) lebih tipis daripada pakai insert double/ 2buah insert bamboo (4+4 total 8lapis) atau 2buah insert hemp (total 8lapis juga). Sebaiknya miliki semua jenis insert dan praktek langsung nanti akan tau mana yang lebih disuka/dipilih karena selera setiap orang bs berbeda. Seni berpopok kain setiap ibu berbeda-beda.

Post a Comment


up