REVIEW CLODI: NVME VS ECOBUM

Adanya beberapa orang yang bertanya kepada saya mengenai perbedaan antara cover NVME dan ECOBUM, maka akhirnya saya memutuskan untuk membuat review clodi singkat antara kedua merk clodi tersebut, meskipun sebenernya secara terpisah saya sudah membuat detail review clodi NVME dan ECOBUM mungkin belum afdol kalo belum membandingkannya secara langsung dalam satu frame.
NVME tampak dari dalam dan luar
NVME clodi tipe cover one size tetapi pola kecil jadi tidak bs digunakan untuk anak berpostur dan bobot besar, idealnya anak dibawah 1 tahun kecuali postur kecil dan bobot ringan. Jika clodi onesize pola standar rise snap umumnya 3x3 atau 4x3 maka perhatikan NVME bagian depan adjust sizing 4X2 snap down rise, persis seting size clodi newborn krn pola kecil. Maksudnya 4 adalah 4 ketinggian seting snap, bs dipakai dr newborn dg setting size S,M,L,XL dan 2 untuk banyaknya snap horisontal. Sedangkan untuk adjust lingkar pinggang NVME menggunakan desain one row/ 1 baris dengan jumlah 10 snap pada baris pertama dilengkapi dengan hip snap berjumlah 8 snap pd baris kedua. Menurut sy pribadi clodi one row kurang rapi/ fit saat dipakai karena bagian kemaluan akan menggembung (menonjol).

Snap pengatur ketinggian paha S,M,L,XL pada cover NVME tidak memiliki bantalan PUL (seperti pada snap in for inserts) sehingga posisi snap kurang kuat dan rawan copot, butuh extra kehati-hatian saat memasang dan melepas snap. Selain itu karena PUL NVME tipis maka saat melepas snap insert dari snap in for insert di cover jg butuh perhatian khusus spy tidak copot snapnya. Saat melepas snap antara cover dan insert bagi saya cukup meresahkan karena PUL nampak meregang dan menipis ringkih, kuatir snap copot lepas.
Universal Cover ECOBUM tampak dari dalam dan luar
Universal Cover ECOBUM clodi tipe cover one size dengan bagian depan adjust sizing 3X3 snap down rise, snap pengatur ketinggian paha S,M,L. Sedangkan untuk adjust lingkar pinggang Ecobum Universal cover menggunakan desain double row/2  baris dengan jumlah 16 snap dengan rincian 8 snap pada setiap barisnya. Saya lebih menyukai clodi snap double row (co: ecobum, blueberry, rumparooz, bumgenius) drpd clodi one row (charlie banana, NVME, cluebebe) karena jika dipakai lebih rapi, fit, dan stabil mencegah wing drop, saat dipakai pun berbeda dg clodi one row yg nampak menonjol di area kemaluan atau kadang ada bukaan di paha saat anak duduk.

Pada bagian dalam cover ECOBUM tepatnya dibelakang snap adjust lingkat pinggang memiliki bantalan PUL yang sangat lebar hampir 1/2 bodi cover (perhatikan arah panah putih, bantalan snap pd ecobum adalah PUL berwarna putih polos) sehingga posisi snap sangat kuat dan stabil plus sebagai perlindungan ekstra dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan delaminasi. PUL ecobum tebal dan kokoh sehingga tidak merasa kuatir snap copot saat melepas adjust snap size meskipun snap ecobum kuat sekali.
Bagian dalam NVME PUL solid memiliki sandwich PUL sehingga tebal
berbeda dengan PUL minky dan printed (motif) NVME yang tipis.
Bagian dalam NVME PUL solid yang disebut sandwich PUL yang membuat PUL solid lebih tebal berupa jalinan serabut2 benang berwarna putih, pola jaring2nya seperti strimin, terasa kasar ketika diraba. Karena tebal dan jaring2nya berongga membuat jahitan antara double leg gusset dengan body cover kurang rapat dan kurang kuat. Sandwich PUL hanya dimiliki oleh NVME solid (polos), NVME minky dan motif seperti PUL clodi china umumnya tipis dan ringan.

PUL ECOBUM lebih tebal, lebih kuat (tahan banting), dan lebih lembut daripada NVME, khususnya minky dan printed (motif). Saya tidak kuatir saat melepas snap ecobum cover krn PUL nampang kuat dan kokoh padahal snapnya kuat sekali.
ECOBUM didesain universal, artinya dapat digunakan bersama dengan fitted diaper, flat diaper, prefold, insert, soaker, alas ompol merk apapun
Jika digunakan sebagai diapers maka perlu menambahkan liner stay dry diatas soaker pad, namun jika digunakan untuk toilet training maka tidak perlu menambahkan liner stay dry untuk melatih anak menyadari sensasi basah.
ECOBUM didesain universal, artinya dapat digunakan bersama dengan fitted diaper, flat diaper, prefold, insert, soaker, alas ompol merk apapun sebab untuk menjaga posisi penyerap agar stabil ECOBUM tidak menggunakan snap melainkan menggunakan front opening flap, back opening flap dan double leg gusset yang tinggi sehingga dapat mengcover ketebalan penyerap yang digunakan dengan lebih baik/ sempurna. Selain itu front opening flap mencegah rembes/ basahan diarea perut dan back opening flap mencegah rembes/ basaham di area punggung. Multifungsi, artinya cover dan prefold ecobum dapat digunakan sebagai diapers atau training pants, jika sebagai diapers (pemakaian berjam2/ lama) maka perlu menggunakan prefold/ soaker pad bersama liner stay dry (fleece atau suede) agar anak merasakan kulit tetap kering (stay dry), atau digunakan selama toilet training/ melatih anak belajar pipis di toilet (tatur) maka gunakan prefold tanpa liner stay dry agar melatih anak menyadari sensai basah sehingga tidak nyaman dan menolak untuk menggunakan diapers (clodi) dan ingin pipis di toilet.
NVME tidak memiliki back opening flap sehingga dapat terjadi rembesan atau basahan diarea punggung
NVME menggunakan snap sbg poin utama untuk menjaga agar posisi soaker/ insertnya tetap berada pada posisi yang pas dan front opening flap mencegah rembes diarea perut. NVME tidak memiliki back opening flap sehingga dapat terjadi rembesan atau basahan diarea punggung khususnya saat insert sudah penuh dan diduduki krn mikrofiber memiliki efek kompresi (peras), jika penuh dan tertekan maka urin akan terperas keluar.
Insert mikrofiber NVME, 4 lapis mikrofiber dijahit bersama 1 lembar fleece stay dry berbebntuk mushroam
Cara memasang soaker pad/ insert NVME pada covernya. Ukuran lebar cover agak lebih kecil dr lebar insert dan mushroam liner fleece jadi saat apply harus ekstra hati2 dan akalin spy posisi pas dan tidak mudah bocor
NVME didesain untuk pemakaian insert saja dan hanya cocok menggunakan merk NVME saja karena jika menggunakan merk lain biasanya insert merk lain snapnya tidak cocok atau posisi snap tidak sama atau kebanyakan tanpa snap rawan geser/ melipat/ menggulung, dan bocor. Karena lebar cover yang sempit/ kecil maka kurang pas jika digunakan bersama prefold, tidak universal spt ecobum. Jika dipaksa menggunakan insert lain/ prefold/ alas ompol maka mudah geser/ bulky kesempitan/ menggulung/ melipat dan mudah sekali bocor.
Perbandingan ukuran pola antara ECOBUM (bawah) dan NVME (atas)
Ukuran pola ECOBUM sedang, sedikit lebih besar daripada NVME. Pola ECOBUM didesain sedemikian rupa agar pas digunakan bersama prefold ataupun insert (universal) namun memiliki standar ukuran ideal bayi Indonesia sehingga pola tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar, dapat digunakan oleh bayi/ anak berpaha kecil maupun besar/ montok dari newborn sampai belajar toilet training usia 2,5 tahunan.

Pola bagian perut/ pinggang ECOBUM dibuat kontur melengkung kedalam agar ergonomis dengan bentuk perut dan pinggang anak sehingga saat dipakai benar-benar pas, hal ini mencegah terjadinya rembes diarea perut saat anak sedang aktif bergerak/ berubah posisi.

Pola NVME cenderung kecil sehingga lebih cocok untuk bayi atau anak berpostur kecil/ berbobot ringan dan dibawah 1tahun. Polanya seperti clodi newborn import. Karena pola kecil shingga ruangan cukup sempit/ sesak jadi sulit jk ingin menggunakan double insert, akan sangat bulky dan hanya untuk anak yg kecil. Booster atau ekstra insert yang digunakan sebaiknya yg pendek dan tipis (maksimal 2lapis krn insert mikro NVME 4 lapis+inner jd 5 lapis) shingga mengurangi ke-bulky-an, seperti booster size newborn bamboo insert dari blueberry. Ide untuk menambahkan ekstra insert kedalam insert NVME berlapis fleece stay dry inovatif namun menurut saya tidak sesuai dengan pola cover NVME yang kecil karena menyebabkan bulky sekali dan anak sesak kesempitan bahkan malah jadi mudah bocor.
Cara menambahkan insert extra (booster) pada insert NVME
Saya menggunakan insert sobi mikro sebagai booster krn size standar namun ujungnya menekuk menambah bulky
Insert mikrofiber NVME seperti sifat mikrofiber pada umumnya, karena mikrofiber adalah bahan sintetis kimia dan seratnya rapat maka mudah terjadi pengendapan sisa-sisa deterjen penyebab bau pesing menyengat, ruam dan bocor sehingga membutuhkan stripping berkala secara rutin.

Berbeda dengan ECOBUM, jika semua cover clodi menggunakan insert mikrofiber dalam paketannya, maka ecobum seperti cover import USA menggunakan paketannya dengan prefold karena lebih ideal digunakan bersama cover. Prefold ecobum unbleach tanpa pemutihan sehingga terbebas dari bahan kimia yg digunakan untuk pemutihan, terbuat dr bahan alami 100% cotton atau serat kapas sehingga hipoalergenik mencegah ruam meskipun dipakai lama tanpa liner, tidak bau pesing, dan mudah dibersihkan (easy to care&wash) dari residu urin, deterjen dan kotoran sehingga tidak perlu stripping. Prefold ecobum sangat lembut, fluffy, berdaya serap cepat, berdaya tampung yang tinggi dan memiliki ukuran yang benar2 pas meskipun berukuran premium tetapi sudah dirancang (custom) sedemikian rupa agar tidak bulky dan pas dipakai sbg soaker pad ataupun diaper fold, lebih besar sedikit dari infant size prefold simply dari cottonbabies.com (creator/manufacture dr brand bumgenius, flip, dan econobum). Daya tampung prefold ecobum jauh lebih tinggi daripada hemp dan bamboo, namun lebih tebal, maka gunakan cara pakai dan settingan cover yang tepat (tight fitting) agar slim dan tidak bulky.

Lis tepi NVME hanya warna hitam saja sehingga kurang matching dengan snap/ motif, bagi saya pribadi hal itu kurang menarik dan selera nilai estetika bersifat perseptif individual jd bs berbeda pada setiap org.

Lis tepi dan snapnya ECOBUM berwarna matching senada dengan motif sehingga nampak lebih cute dan trendy. Biasanya cover clodi dengan motif terbatas dan warna list dan snap terbatas, misal NVME hanya hitam saja, ECOBONUM hanya beberapa warna saja, dll, berbeda dengan ECOBUM. Bisa dibayangkan berapa lama waktu pengerjaan clodi ECOBUM dengan banyak motif (ingat semua clodi ECOBUM memiliki double leg gusset seperti tipe cover), banyak warna snap dan warna lis, pasti menambah lamanya waktu produksi dan cost produksi krn tingkat kesulitan dan ketelitian yg jauh lebih tinggi, namun ECOBUM dibandrol dengan harga yg sangat sangat murah sekaliiii, malah saya bilang kemurahan, dengan desain yg sempurna seperti clodi import USA (capri BB ukuran pola jauh lebih besar dr ecobum) dan kualitas prefold yang hampir sama dengann indian cotton simply bumgenius. Jika capri size 2 seharga 250rb per pcs hanya cover only, prefold simply size infant 55 ribu, UC Ecobum1 paket hanya seharga 85rb saja, berisi 1 cover dan prefold size premium, bukan infant. Bisa hitung sendiri berapa ratus ribu rupiah penghematan yg dapat kita lakukan dengan membeli ECOBUM namun kita sdh mendapatkan performa yg tidak kalah bagusnya, bahkan jauh lebih baik.
Double leg gusset NVME (atas) dan ECOBUM (bawah)
Double leg gusset ECOBUM:
  1. Memiliki ketinggian yang ideal seperti ukuran ketinggian double leg gusset clodi cover import USA umumnya (coverall, capri, bestbottom) skitar 3-4cm dan lebar (lebih panjang) sehingga efektif dan maksimal menahan kotoran pup yg encer, banyak atau genangan urin yang baru keluar.
  2. M enggunakan karet elastik yang super soft dan fleksibel sehingga benar-benar pas di paha (fit) dan tetap nyaman di kulit anak.
  3. Memfiksasi penyerap dengan sempurna meskipun menggunakan prefold dan double insert karena double leg gusset tinggi. Double leg gusset ECOBUM mampu mengcover ketebalan hingga 3-4cm sehingga dapat digunakan secara universal dengan bahan penyerap apapun. Dapat digunakan baik oleh anak berpostur/bobot kecil ataupun besar.
Double leg gusset NVME:
  1. Ketinggiannya sangat rendah sekitar 1cm dan sempit (pendek) sehingga kurang efektif menahan kotoran pup yg encer, banyak atau genangan urin yang baru keluar/ terkompresi (saat mikrofiber yang penuh diduduki maka urin dapat terperas keluar) dan terjadi bukaan diselangkangan (longgar) sehingga lebih mudah terjadi kebocoran.
  2. Menggunakan bahan yang sama dengan lis leg gusset sehingga tidak se-fit ecobum, terasa agak kasar, kaku, dan lebih keras di kulit anak.
  3. Tidak memfiksasi penyerap dengan sempurna jika digunakan bersama double insert atau prefold karena double leg gusset rendah. Double leg gusset NVME tidak mampu mengcover ketebalan insert/ prefold (tidak universal), tidak dapat digunakan bersama prefold krn kmungkinan jd sesak karena ukuran kecil area jg sudah sempit krn pola kecil. Ideal digunakan anak berpostur kecil/ bobot ringan.
Kesimpulan: Desain dan material (bahan) double leg gusset ECOBUM lebih baik dan sempurna daripada NVME.
NVME vs ECOBUM
 Perbandingan antara NVME Diaper Cover & Universal Cover (UC) ECOBUM

Item NVME UC ECOBUM
Harga 135000 85000
Isi 1 paket 2 mikrofleece (1 fleece&4 micro) 1 unbleach prefold premium size 4x8x4
Tipe Cover/ AI2 Cover/ AI2
Soaker/ insert microfiber mudah bau pesing, mudah ruam popok, dan bocor, harus stripping berkala prefold smart size (fit), multipurpose, hipoalergenik tidak mudah ruam popok, tidak bau pesing, dan daya serap daya tampung sgt tinggi, mudah dicuci, tidak perlu stripping
Adjust Snap S,M,L,XL 4x2 snap down rise S,M,L 3x3 snap down rise
Warna snap & lis tepi Snap berwarna tetapi lis tepi hanya hitam Warna snap dan lis trendy matching tergantung motif
Ketebalan PUL PUL solid tebal, PUL minky dan motif tipis PUL minky dan motif tebal
Kekuatan snap Snap tanpa bantalan PUL shg kurang stabil dan kurang kuat Snap memiliki bantalan PUL, stabil dan sangat kuat
Ukuran Pola Kecil, dibawah 1th kecuali postur kecil dan bobot ringan Sedang, dipakai sampai 2.5tahunan
Double leg gusset Ketinggian hanya 1 cm, sempit, agak keras, kaku dan kasar kurang efektif. Ketinggian 3 cm, lebar, karet lembut dan benar2 pas di paha (fit) powerfull dan nyaman
Fiksasi Menggunakan snap dan flap depan untuk menjaga agar posisi insert tidak bergeser. Tanpa flap belakang sehingga terjadi rembesan dipunggung Menggunakan double leg gusset, flap depan dan belakang untuk mencegah soaker bergeser dan mencegah rembes di perut & punggung
Kepraktisan Mudah dicuci dan cepat kering, kecuali outer minky Mudah dicuci dan cepat kering, smua UC ecobum dari outer PUL
Fleksibilitas Hanya dapat digunakan dengan insert merk NVME krn biasanya snap merk lain tidak cocok Universal dapat digunakan dengan semua jenis insert & prefold merk apapun
Bentuk perut Datar Melengkung/ ergonomis
Pemakaian malam Double insert, sehingga sangat bulky dan sesak, hanya bisa utk anak yg kecil Cukup 1 prefold
Petunjuk manual Ada Ada
Kemasan OPP Wet bag ekslusif

Demikian ringkasan perbandingan antara clodi cover NVME dan UNIVERSAL COVER ECOBUM, semoga bermanfaat!

2 comments:

Widya said...

Wah jadi makin yakin beli ecobum ni, thx yah

Anonymous said...

Cover ecobum lebih bagus dan mantab, puas. Prakrts gak ribet

Post a Comment


up