RESEP KREMES RENYAH: Si kriuk yang bikin ketagihan!

Sebenernya saya bukanlah termasuk ibu rumah tangga yg pinter masak, tapi bolehlah ya kalo saya kali ini share sedikit pengalaman membuat kremes, hasilnya nyarang banget dan kriuuuuuuk!

Biasanya kalo membuat ungkepan ayam akan ada kuah bumbunya yang tersisa, nah jangan dibuang ya, sayaaaaang, ternyata kita bisa mengolahnya jadi makanan lain yg bisa bikin ketagihan dan langsung ludes jd kudapan atau lauk si kecil atau suami tercinta.


RESEP KREMES RENYAH
500 ml air kaldu ayam (sisa air bumbu ungkepan ayam yang diencerkan)
1 butir telur
2 sdm munjung tepung beras
8 sdm munjung tepung tapioka

Cara:
Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga rata dan saring (bila perlu, kadang bumbunya suka menyumbat lubang).
Masukan adonan kedalam botol plastik kemasan air mineral yang bagian tengah tutupnya sudah dilubangi 1 buah dan berukuran kecil.
Panaskan minyak banyak didalam wajan.
Setelah panas, tuang adonan melingkar-lingkar secara merata dari luar kedalam (tengah) berulang-ulang, biarkan sampai berwarna kuning keemasan, lalu balik/ lipat secara perlahan, angkat dan tiriskan.

Penyajian:
Setelah dingin dapat disimpan diwadah yang kedap udara dan disajikan bersama ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, dll dengan tambahan sambel bawang atau sambel tomat yg pedaaaaas in syaa allah makin nikmat.

Udah sgitu aja ko ritual bikin kremesnya, praktis dan simple bgt kan?! tapi siapa sangka terkadang si kremes ini bs jadi pahlawan saat otak lagi buntu ide menu masakan harian, saat virus "M" (baca: Malas) melanda atau si kecil lagi g mood makan, he..

Yuk dicoba, semoga berhasil!

1 comments:

Juvmom said...

Belum pernah bikin sendiri. Biasanya lihat ibu yang bikin pake telor sm tepung beras gak pake tapioka. Katanya sih biar gak boros minyak

Post a Comment


up